Cara Ganti Nama Domain Tanpa Kehilangan Traffic

Cara Ganti Nama Domain Tanpa Kehilangan Traffic – Mengganti nama domain tentunya bisa dilakukan agar terkesan lebih profesional dari nama domain sebelumnya, namun banyak pertimbangan yang dilakukan dalam hal mengganti nama domain karena takut kehilangan traffic.

Kenapa Ganti Nama Domain?

  1. Ganti Nama Brand – Mengganti nama domain menjadi brand baru tentu bisa dilakukan misalnya nama perusahaan kamu itu “burung” dan ingin merubahnya menjadi “bird”.
  2. Mengubah Ekstensi Domain – Ini bisa terjadi juga agar lebih terkesan profesional, awalnya domainnya “burung.wordpress.com” dan ingin merubahnya menjadi “burung.com” atau dengan berbagai ekstensi domain lainnya seperti .shop atau .net.

Cara Ganti Nama Domain Tanpa Kehilangan Traffic

Ada tiga Cara Ganti Nama Domain Tanpa Kehilangan Traffic dengan benar tanpa perlu takut pengunjung blog Anda berkurang.

Cara Ganti Nama Domain di cPanel

  • Login cPanel dan pilih pada bagian Domain > Addon Domains

Setelah itu isi bagian New Domain Name dengan nama domain baru yang sudah Anda beli lalu klik Add Domain dan tunggu hingga proses selesai.

  • Buka menu File Manager dan compress file dari domain lama Anda lalu copy dan paste di folder domain baru yang sudah ditambahkan dan jangan lupa di extract pada file domain baru.
  • Selanjutnya buka menu phpMyAdmin untuk ganti nama domain lama menjadi domain baru. Pilih database website dan pada bagian table “Option” ubah siteurl dan home menjadi nama domain baru Anda.

Selesai sudah Cara Ganti Nama Domain di cPanel dan Anda bisa mengakses website menggunakan domain yang baru.

Cara Ganti Nama Domain WordPress

Selain menggunakan cara di atas cara ganti nama domain dilakukan di dashboard wordpress dengan mengkases Dashboard > Settings > General lalu ubah WordPress Address (URL) dan Site Address (URL) menjadi nama domain baru.

Setelah itu Anda mengganti nama domain di database dengan mengikuti cara nomor 3 diatas.

Cara Ganti Nama Domain di .htaccess

Setelah Anda mengganti nama domain dengan Cara Ganti Nama Domain di cPanel atau Cara Ganti Nama Domain WordPress selanjutnya Anda harus menambahkan sedikit code pada bagian file .htaccess yang bisa di akses melaui cPanel File > File Manager dan cari file tersebut di public_html.

#Options +FollowSymLinks
RewriteEngine on
RewriteRule ^(.*)$ https://domainbaru.com/$1 [R=301,L]

Tambahkan code diatas pada file .htaccess dan ganti domainbaru.com dengan domain baru yang sudah di beli.

Penutup

Setiap pemilik website pasti punya alasan sendiri untuk ganti nama domain mereka baik untuk alasan branding atau hal yang lain. Tutorial Cara Ganti Nama Domain Tanpa Kehilangan Traffic bisa berguna karena pengunjung tidak akan menghilang dan akan di arahkan ke domain baru.

Leave a Reply